Wednesday, April 20, 2016

Tutorial 2 Pemrograman Java Netbeans – Cara Membuat Class Baru


Hallo sahabat coding, bagaimana kabarnya? Semoga baik-baik saja ya sobat! Ok, kali ini saya akan membagikan tutorial tentang “Tutorial 2 Pemrgraman Java Netbeans – Cara Membuat Class Baru”. Dimana tutorial ini adalah tutorial lanjutan saya yang sebelumnya yaitu tentang “Tutorial 1 Pemrgraman Java Netbeans – Cara Membuat Project Baru”.

Ok, seperti biasa, tanpa basa-basi lagi, untuk lebih jelasnya tentang cara membuat “Class Baru” di java, berikut langkah-langkah tutorialnya : 

1. Silahkan anda buka Netbeans IDE anda. Disini saya masih menggunakan Netbeans IDE 8.1.

2. Setelah itu, silahkan anda buat sebuah Project baru dengan nama terserah anda. Disini project baru yang akan saya buat untuk sebagai contoh, saya beri dengan nama “pembuatan_class”. (Untuk lebih jelasnya tentang pembuatan Project baru, silahkan baca artikel tentang “Tutorial 1 Pemrgraman Java Netbeans – Cara Membuat Project Baru”).

3. Setelah anda membuat sebuah project baru, maka kurang lebih hasilnya akan seperti gambar berikut :

4. Kemudian, silahkan anda klik tanda “+” pada bagian project anda, hingga seperti ini :

5. Kemudian, silahkan anda klik kanan pada “Source Packages”, kemudian silahkan pilih “New->Java Class”. Kurang lebih seperti gambar berikut :

6. Setelah itu, maka akan tampil tab “New Java Class”. Pada tab “New Java Class”, di bagian “Class Name” silahkan anda ganti namanya terserah anda. Disini pada contoh ini, Class yang baru saya buat saya beri nama “Class_contoh”, setelah nama Class anda ganti, silahkan klik “Finish”. Namun harus diingat, “Name” tidak boleh diberi Spasi(Space). Kurang lebih seperti gambar berikut :

7. Setelah itu, maka anda sudah berhasil membuat sebuah Class baru pada Java Netbens anda. Kurang lebih hasilnya akan seperti gambar berikut :

8. Selesai.

Itulah sedikit tentang "Tutorial 2 Pemrograman Java Netbeans – Cara Membuat Class Baru". Salah dan kurangnya dalam tutorial ini, saya mohon ma'af.

Dan bagi anda yang ingin mencoba apakah program anda bisa atau tidak di jalankan di Class baru yang anda ini, silahkan anda baca artikel saya sebelumnya yaitu tentang "KODE PERTAMA PEMROGRAMAN JAVA".

Untuk artikel selanjutnya tentang Pemrograman Java, silahkan anda baca artikel selanjutnya yaitu "Tutorial 3 Pemrograman Java Netbeans – Cara Membuat Form Baru".
Untuk artikel lainnya tentang "Kumpulan Tutorial Pemrograman", Silahkan klik disini.

Dan bagi anda yang ingin diskusi tentang Pemrograman "Java dan PHP" silahkan gabung di group FB "Forum Programer Java dan PHP Indonesia".
Ok, sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat.
Salam Sukses.
Previous Post
Next Post

0 komentar: